Perusahaan Kereta Api Swasta

PJKA merupakan satu-satunya operator tunggal moda transportasi kereta api. Bagus atau tidaknya pelayanan, tetap saja BUMN ini saja yang bisa menyediakan jasa menghantar barang dan manusia dengan lokomotif dan jalur keretanya. Tak ada institusi lain yang boleh menyediakan jasa serupa sebagai alternatifnya.

Namun wacana baru bergulir. Pemerintah mulai berpikir bahwa pihak swasta boleh menggelar jasa serupa. Tujuannya sederhana. Bila swasta atau kompetitor mulai beroperasi, boleh jadi memicu PJKA untuk berbenah bila tak ingin bangkrut karena ditinggal penggunanya.

Wacana yang menarik. Meskipun pada kenyataannya menggelar jasa transportasi merupakan investasi yang sangat besar dengan pengembalian modal yang relatif lama. Tentu ditambah dengan aturan berbelit yang rentan dengan ‘pemalakan’ atas nama berbagai regulasi.

Italia merupakan salah satu contoh di mana swasta baru saja diperbolehkan ikut membuka layanannya. Tantangannya besar. Perusahaan pemerintah yang memiliki jalur kereta berusaha untuk mempersulit perusahaan swasta untuk berbagi rel kereta. Setelah sekian lama, barulah kereta swasta dapat menggunakan lintasan rel yang sama.

Kita lihat saja apakah pemerintah benar-benar serius memberikan ruang dan kesempatan bagi operator kereta api swasta. Bukan hanya sekedar omong kosong di siang bolong.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s