Transportasi Publik Kota Bangkok

Minggu lalu saya mengunjungi ibukota Thailand, Bangkok. Pesawat mendarat di Bandara Suvarnabhumi yang bersih, teratur dan aman. Bandara sebagai gerbang utama sebuah negara memang seharusnya seperti ini. Slogannya pun terbukti nyata, Airport of Smiles. Memang ramah bandaranya.

Setelah kelar dengan imigrasi, langsung saya pun menggunakan Bangkok Airport Train yang mengantar saya langsung ke jantung kota Bangkok. Cukup cepat. Sekira 15 menit. Ongkosnya hanya THB 90.

Kemudian berpindah moda transportasi menggunakan Bangkok Metro, Mass Rapid Transit yang menghubungkan banyak tempat strategis di kota Bangkok melalui jalur bawah tanahnya. Lalu perjalanan dilanjut dengan menggunakan BTS, Bangkok Mass Transit System yang membelah jalanan Bangkok yang ramai di atas jalan. Sebuah monorail yang biasanya disebut Skytrain.

Setelah sampai di stasiun BTS yang paling dekat jaraknya dengan hotel di mana saya tinggal, saya pun tinggal memakai taksi yang umumnya ramah, mobilnya bagus dan memakai taksi meter.

Saat berjalan-jalan pun, kota Bangkok juga menyediakan layanan transportasi alternatif yang memanfaatkan aliran sungai Chao Phraya yang memang besar sehingga dapat dilayari oleh ferry, dan perahu. Harganya pun terjangkau.

Menurut saya, sebagai salah satu kota metropolitan dengan kepadatan penduduk yang tinggi, Bangkok mampu menyediakan transportasi publik yang memadai. Belum sempurna benar namun sudah sangat baik mengingat Thailand masih tergolong negara berkembang. Rasa-rasanya, Jakarta sebagai ibukota yang memunyai jumlah penduduk berkali-lipat dari Bangkok seyogyanya belajar mengenai pengadaan angkutan umum dari Bangkok.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s