Tidak Maksimal

Masih ingat dengan perkataan “tidak maksimal” dalam iklan sebuah produk sikat gigi?

Itu yang langsung terbersit sewaktu saya browsing siang ini. Banyak sekali orang-orang muda yang sudah melakukan banyak hal dan mengesankan. Berguna bagi karir dan pengembangan diri mereka sekaligus untuk orang lain. Tentu semuanya harus dibayar dengan harga yang tak murah. Kerja keras. Tak ada yang instan, kan? Dan ketika memandang ke diri sendiri, kok rasanya saya belum ngapa-ngapain.

Memang tak seyogyanya bandingkan diri kita dengan orang lain. Toh, jalan hidup masing-masing insan manusia kan berbeda. Ambisinya tak sama. Tingkat pemikiran juga lain. Mungkin pula nilai gizinya berbeda. Tapi penting untuk menjadi sebuah referensi dan inspirasi. Pemacu juga.

Menjadi maksimal. Dengan apa yang saya bisa lakukan. Itu keinginan saya. Sesuatu yang cukup susah karena saya suka melakukan sesuatu secara minimalis. Yah, begitulah…

Berikan Balasan

