Mudah dan Murah Kirim Uang via Western Union

by munggur

Anda sedang merantau? Bila ya, tentu ada kemungkinan Anda ingin mengirimkan uang ke kampung halaman. Mudah bila hanya beda kota atau provinsi. Bagaimana, kalau seandainya beda negara?

Bila Anda memiliki dan paham layanan perbankan via Internet, tentu mudah. Tapi, tak semua orang mau dan bisa menggunakannya. Lewat fasilitas transfer antar bank pun termasuk mahal.

Salah satu cara termudah adalah memakai jasa kiriman uang dari Western Union. Cukup datang ke konter di dekat lokasi Anda tinggal, tunjukkan identitas diri yang valid, isi formulir, bayarkan sejumlah uang yang akan ditransfer ditambah ongkos kirim. Selesai. Uang akan sampai di tempat tujuan dalam tempo sekitar 15 menit.

Untuk Anda yang tinggal di Singapura dan hendak kirim uang ke tanah air (Indonesia) ternyata ongkosnya hanya SGD 12. Dengan catatan, jumlah yang dikirim tak lebih dari SGD 1.000.

Penerima pun cukup datang ke konter Western Union di kotanya, menyatakan bahwa menerima uang dari ‘si pengirim’, memberikan nomor pengiriman transfer (rahasia antara pengirim dan penerima – disampaikan si pengirim melalui telepon, SMS atau e-mail) dan menunjukkan identitas diri yang valid. Sesudah itu terima uang.