Mudah dan Murah Kirim Uang via Western Union

Anda sedang merantau? Bila ya, tentu ada kemungkinan Anda ingin mengirimkan uang ke kampung halaman. Mudah bila hanya beda kota atau provinsi. Bagaimana, kalau seandainya beda negara?

Bila Anda memiliki dan paham layanan perbankan via Internet, tentu mudah. Tapi, tak semua orang mau dan bisa menggunakannya. Lewat fasilitas transfer antar bank pun termasuk mahal.

Salah satu cara termudah adalah memakai jasa kiriman uang dari Western Union. Cukup datang ke konter di dekat lokasi Anda tinggal, tunjukkan identitas diri yang valid, isi formulir, bayarkan sejumlah uang yang akan ditransfer ditambah ongkos kirim. Selesai. Uang akan sampai di tempat tujuan dalam tempo sekitar 15 menit.

Untuk Anda yang tinggal di Singapura dan hendak kirim uang ke tanah air (Indonesia) ternyata ongkosnya hanya SGD 12. Dengan catatan, jumlah yang dikirim tak lebih dari SGD 1.000.

Penerima pun cukup datang ke konter Western Union di kotanya, menyatakan bahwa menerima uang dari ‘si pengirim’, memberikan nomor pengiriman transfer (rahasia antara pengirim dan penerima – disampaikan si pengirim melalui telepon, SMS atau e-mail) dan menunjukkan identitas diri yang valid. Sesudah itu terima uang.

60 respons untuk ‘Mudah dan Murah Kirim Uang via Western Union

  1. Uhm, pengalaman saya untuk WU ini dalam hal menerima uang, yang diperlukan (selain tentu mengisi data-data termasuk MTCN):

    1. fotokopi KTP
    2. bayar materai 6000, tapi biasanya langsung dipotong oleh bank/konter WU.

    Ini prosedur waktu saya mengambil di Bank Mandiri dan Kantor Pos, entah kalau di konter lain mungkin berbeda.

    Suka

  2. pernah pake Moneybookers atau payoneer nggak mas? bisa kasih sedikit reviewnya nggak?. Masih bingung nih:). Thanks
    “Seandainya bisa verify PAYPAL” *sambil melamun*

    Suka

  3. @hafiz:
    Makasih sudah berbagi wawasannya.

    @alhakim:
    maaf, belum pernah. soalnya yang menurut banyak orang paling mudah diakses adalah WU. Paypal… hehehe saya juga masih penasaran sama yang satu ini. adakah yang lain yang tahu tentang hal ini?

    Suka

  4. vitrelle, kirimannya dalam rupiah. kurs yang dipakai oleh western union bisa ditanyakan sebelum/pada transaksi. umumnya tak jauh berbeda dengan kurs pasaran.

    bila dikirimkan ke negara tujuan lain, tentu juga mengacu pada mata uang negara tujuan…

    Suka

  5. saya asih bingung gimana kita tahu dimana nantinya kita bisa ambil uang tsb, apakah di kantor pos, bank mandiri, atau di tempat lainnya..mohon informasinya donk..

    Suka

  6. oya satu lagi mas, saya mau transfer uang ke india dalam bentuk Dollar US, kalau dengan WU apakah kita perlu menukar rupiah kita dulu lewat money changer atau bisa langsung request ke WU untuk dijadikan dalam bentuk dollar ya ? makasih :)

    Suka

  7. Ane kirim uang 3,5 jt ke Hongkong,.. kena biaya 350rb.. gila… mahal amat ya biaya kirimnya, padahal ane maunya Pakai Pay Pal, ternyata si penerima hanya bisa tranfer antar bank atau WU aja.. Yah.. terpaksa deh kirim pakai WU. mau transfer antar bank nyampenya lama, dan ada pajaknya juga US$25. setelah hitung-hitung tenyata biayanya hampir sama aja..huuuhh..

    Suka

    1. WU memang relatif mahal tapi menawarkan kemudahan dan kecepatan transfer uang. Ada cara lebih murah dan cepat yaitu menggunakan transfer melalui sesama akun Citibank atau beberapa bank multinasional lainnya, tapi ya harus sama-sama memiliki rekening di akun bank yang sama.

      Suka

      1. Terakhir saya kirim uang lewat bank mega, kena biaya US20+Rp.100rb (total sekitarRp.280rb), Meskipun saya kirim US$1000- $2000 kata nya biayanya tetap segitu, jadi saya kalau transfer uang agak banyak saya gunakan Bank Mega, meski prosesnya agak lama 4-5 hari kerja baru nyampe tujuan.

        Suka

      2. Kalo sesama citibank dr indonesia ke malaysia berapa ongkos kirimnya? Atau kalau sesama cimb bank dari indonesia ke malaysia berapa ongkos kirimnya?

        Suka

  8. Mau ikutan tanya; sebenernya lama pengiriman nya tuh berapa lama ya..?? Kebetulan orang tua saya (di Jakarta) ke Perancis karena kebetulan saya di perancis sekarang.

    Tapi langsung di transfer ke rekening bank saya yang ada diperancis.

    WU bisa khan transfer langsung ke rekening Bank???

    Terimakasih

    Suka

    1. coba pakai jasa Transfer Bank Mega aja (maaf, bukanya saya promosi), berdasarkan pengalaman saya, bank mega memungut biaya paling murah diantara bank-bank lainnya.

      Suka

  9. teman kirim uang dari kota bumi bandar lampung ke saya yg beralamatkan di jakarta. apakah saya harus menunggu surat pemberitahuan dr WU atau sy bisa lansgsung datang ke kntr WU terdekat untuk mengkonfirmasi kiriman tsb sdh sampai atau belum ?

    Suka

  10. 1.Berapa jumlah minimal & maksimal dalam pengiriman memakai jasa WU ( USD )
    2.Apakah mata uang harus disesuaikan terlebih dahulu atau bagaimana ??
    Maksudnya, Bila mengirim ke luar negeri, apakah kita terlebih dahulu menukarkan mata uang kita ke mata uang negara tujuan sebelum di kirim via WU ??
    Terima kasih ..!!

    Suka

  11. mau tanya, teman saya yg ad diperancis mau kirim uang ke saya sekitar 100 uero, kena biaya brpa ya?, trus ktp saya hilang, apa bs pake kartu identitas yg lain kaya kartu mahasiswa??

    Suka

  12. malam mas,mau tanya klo pengiriman uang dr indo ke philipineas pke WU kena brp y charge’a dr indo dan yg di philips sini potongan’a??? thx mas,

    Suka

      1. yahh mas munggur kirain tahu,krn klo sy dah tanya lsng ke WU dsini ngapain sy tanya ke mas atuh. tp yasudlah dah lewat juga kok mas,krn kejadian transaksi uang’a hari senin sama kamis kemarin dr atm keatm aja jdi’a gk pke WU n hasil’a lebih cepat smpe juga trus ptongan’a gk lebih dr 100rb. thanks y n Gbu more…

        Suka

        1. Maklum saya sering pakai Western Union tapi berdomisili di negeri jiran. Kirim dari sini ke tanah air. Bukan sebaliknya.

          Sip kalau sudah berhasil mengirim uang dengan lancar.

          Suka

  13. Maaf, klo misalnya saya di daerah bekasi mau ngirim uang ke daerah jawa tengah gimana ya ? Apa ada konter WU di daerah bkasi selatan (jatiluhur)

    Klo boleh saya tau dimana ya lokasi terdekat WUnya??
    Terima kasih sebelumnya

    Suka

    1. Bisa ditanyakan lewat telepon atau datang ke konter lokal yang ada apakah bisa.

      Btw, bila antar wilayah di satu negara, jelas lebih mudah, cepat dan praktis mengirim uang via bank lokal. Bahkan transfer antar bank yang sama/terafilisasi jelas tak dikenakan biaya, semisal BCA.

      WU lebih tepat bila digunakan untuk transfer uang antar negara.

      Suka

  14. saya mau tanya mas, saya punya teman di arab saudi dia TKW illegal ! dia mau kirim uang ke saya (indonesia) tapi caranya gimana yah mas,,,??? thks

    Suka

  15. mau tanya biaya pengiriman itu tergantung jumlah pengiriman ya?? trus kalau misalkan ngirim dengan dollar bisa ga diterima dollar juga di indonesia?? dan kalo ingin tau jumlah cas sesuai dengan jumlah pengiriman itu dimana? bole tanya langsung disini ga??

    Suka

    1. @perda, silakan lihat situs resmi westernunion.com atau bank setempat yang menyediakan layanan western union. dengan begitu anda akan mendapat keterangan yang lebih jelas.

      biasanya uang akan diterima dalam kurs di tempat penerima yang sudah dikonversikan oleh western union.

      Suka

  16. para pemirsa, tggl buka web western union kan gampang, udh tertera disana kl dr negara mana ke negara mana, kirim brp kena brp, pertanyaan kok diulang2~

    Suka

  17. para pemirsa, tggl buka web western union kan gampang, udh tertera disana kl dr negara mana ke negara mana, kirim brp kena brp, pertanyaan kok diulang2~

    btw,matur nuwun mas munggur. sy sdg di jerman, kebetulan cari info ttg transfer uang dan terbawa ke artikel ini.
    Tadi sempat mau pake WU, tapi ternyata udh done dgn worldremit. Lbh murah juga kena chargenya.

    Suka

  18. Saya pengguna paypal dan verified. Beberapa kali menerima uang dari SGD via Paypal sangat praktis dan mudah. Namun saya merasa kurang puas dengan biayanya. Biaya transfernya sih cuma 3.4% dari nilai transfer. Tapi biaya kursnya kayaknya lebih murah dari standar lain. Saya menerimanya di rekening BCA. Pengen coba cara melalui WU….

    Suka

  19. Ka mau tanya dong, prosedur pembatalan pengiriman WU bagaimana yah? Apa harus pakai kartu identitas penerima sedangkan penerima adalah orang yg engga kita kenal (misal: aliexpress singapure). Itu bagaimana yah? Thanks ;)

    Disukai oleh 1 orang

  20. mas saya mau tanya misalnya saya dapat WU dari arab,alamat saya ada di kabupaten A tp saya ambilnya dikabupaten B bisa nga ya

    Suka

  21. Assalamualaikum . .
    Saya mau tanya .
    Saya sudah terdaftar dan bergabung bersama WU .
    Dan kemaren lusa saya kirim uang dengan jumlah yang cukup banyak ke indonesia .tapi sudah 2 hari ini uang nya belum bisa di ambil atau bisa jadi belum nyampe .kenapa kok lama sekali .padahal di rumah keluarga lagi butuh banget uang nya . .
    Memangnya berapa lama sih jangka waktu nyampe nya . ??

    Suka

    1. Ibu Ninik. Pengiriman uang melalui WU bisa terkirim dalam hitungan menit. Asalkan penerima di Indonesia (atau di mana pun itu) mendapat SMS/telepon dari Anda (yang berisi info nomor MTCN dari WU), keluarga Anda bisa langsung mencairkannya dengan menyertakan Identitas Diri (berupa KTP/SIM/Paspor). Silakan dicoba lagi.

      Suka

  22. Mas, kalo kita mau kirim uang ke Malaysia via WU, uangnya meski kita konversi dulu ke Ringgit atau kasih uang dalam bentuk rupiah aja ke petugas EU-nya? Tks

    Suka

    1. Maaf baru sempat membalasnya sekarang. Uang tak perlu dikonversikan ke Ringgit. Cukup bayarkan dalam bentuk Rupiah. Otomatis staf WU akan mengirimkannya ke dalam Ringgit.

      Suka

  23. Maaf mau tanya nih kalau saya sedanb di malaysia dan menginap di hotel dan akan di kirim uang melalui western union, itu kira2 alamat lengkap di butuhkan gak ya an kira2 berapa lama sakpei uang ke malaysia dan apakah setelah di kirim saya hanya bisa mengambil di western union di daerah alamat yg saya berikan kepada pengirim atau bs dimana saja, maakasih

    Suka

    1. Uang dari Western Union bisa diambil di mana pun, setahu saya, asalkan ada data diri yang lengkap (dalam bentuk paspor kalau sedang di luar negeri). Uang sampai kurang dari satu hari.

      Suka

  24. Ass….mau tanya mas saya mau transfer ke malasya apakah bisa transfer hanya dgn no rekening dan nama si penerima saja

    Suka

Tinggalkan komentar