Perpustakaan Umum

Saya mengagumi perpustakaan. Tempat di mana buku dipajang berjejer-jejer menanti untuk dibaca. Bila tertarik, bisa dipinjam. Dibaca di rumah. Setelah selesai lalu dikembalikan.

Bahkan, dulu waktu duduk di bangku sekolah dan kuliah, saya betah berlama-lama di sana. Membaca relatif gratis dan banyak variasinya. Lagipula, tak ada cukup uang untuk membeli buku.

Berbeda dengan perpustakaan negeri yang tak teratur dan menurunkan minat baca. Malahan lebih enak menyerap rajutan kata yang tertulis di buku yang terpampang di rak-rak toko buku. Membaca di tempat dengan berdiri karena memang tak disediakan kursi.

Dan salah satu impian saya adalah menyediakan tempat baca untuk umum yang gratis. Untuk mereka yang tak memiliki akses ke perpustakaan yang bagus sekaligus tak cukup pundi-pundi untuk ditukar dengan buku.

Masih di awang-awang. Hanya saja, tak disengaja siang ini impian lama tersebut bangkit  kembali kala ada teman yang memiliki keinginan yang sama. Ada kata, ada rencana. Meski belum terwujud sama sekali, namun senang bertemu mereka yang memiliki impian yang sama. Semoga tak hanya menjadi mimpi siang bolong yang menguap bersama sepoi-sepoi angin dan ditelan sang kala.

Iklan

Join the Conversation

5 Comments

  1. “Dan salah satu impian saya adalah menyediakan tempat baca untuk umum yang gratis” Bagus sekali, semoga berhasil ya…:)
    Btw, email saya lupa bales ya..?

    Suka

  2. Mmmm…great dream, needs a lot of works, motivation and (too bad) money..lotsa money ..:-)

    If only Indonesian would start paying all their taxes and government officials stop enlarging their already round belly with tax money, then maybe..just maybe we’ll have enough money to build a decent library..free of charge..

    Suka

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: