Wikispecies

Tak sangka ada Wikispecies. Sebuah kumpulan laman Wiki dari Wikipedia yang mengkhususkan diri untuk mengoleksi pengetahuan kolektif berkenaan dengan spesies. Bahkan, sudah terdapat Wikispecies berbahasa Indonesia.

Cukup menarik mempelajari barbagai macam makhluk hidup di planet biru ini. Digolongkan menurut hirarki secara vertikal dan macamnya secara horizontal. Jadi ingat dengan Darwin yang asyik mempelajari beragam spesies di Kepulauan Galapagos.

Mungkin sama menariknya dengan alkisah mengenai Adam dan Hawa, yang diyakini sebagai pasangan manusia pertama di dunia, sedang sibuk memberi nama pada tiap binatang. Begitu juga dengan Nabi Nuh, yang disebut juga sebagai zoologist jempolan, yang menyelamatkan banyak spesies di kapalnya dari air bah yang menenggelamkan daratan.

Ah, melantur saya. Tak ada kesengajaan menarik relasi antara Darwin dengan pasangan Adam Hawa sekaligus Nabi Nuh. Hanya terlintas bagaimana susahnya mereka mengingat-ingat berbagai spesies kala itu. Coba sudah ada Wikispecies. Kan, jadi lebih mudah kerjaan mereka.

Padahal pada mulanya saya hanya tertarik mencari informasi mengenai Panthera sondaica – Harimau Jawa dan Spizaetus bartelsi – Elang Jawa.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s