Perpustakaan Termodern Dunia, di Indonesia?

Salut. Itulah kesan pertama saat membaca artikel berita Indonesia Bakal Miliki Perpustakaan Termodern di Dunia. Boleh juga idenya. Terlebih perpustakaan tersebut dikelola oleh salah satu universitas tertua di Indonesia.

Sangsi. Terlintas di benak berapa banyak orang yang bisa menikmati koleksi buku-buku di universitas tersebut. Bukankah dengan dana sebesar itu akan lebih bijak membangun ribuan perpustakaan skala kecil dan menengah dibanding membangun perpustakaan terpusat. Bukankah manfaatnya lebih terasa secara merata. Boleh jadi, ini sejenis proyek mercusuar.

Memunyai perpustakaan termodern di dunia bukan berarti tingkat baca di Indonesia lalu meningkat, terutama yang di pelosok negeri. Boleh dibilang kualitas perpustakaan sekolah dan milik pemerintah daerah pun masih kalah jauh dibanding perpustakaan negara-negara tetangga yang sama-sama berlabel negara berkembang.

Lagipula ke depan, distribusi informasi termasuk konten buku, majalah dan jurnal lebih mudah didistribusikan dan dicerna melalui teknologi digital. Media yang tercetak di kertas sepertinya akan menjadi uzur. 

Bukan, bukan bangunan yang modern atau megah. Justru yang penting adalah bagaimana caranya agar makin banyak anak bangsa yang melek baca. Kemudian melangkah ke tahap berikutnya, menjadi mereka yang bisa menulis, membagi ilmu, opini dan ide.

Iklan

One Reply to “Perpustakaan Termodern Dunia, di Indonesia?”

  1. wah, saya salut kalau memang itu benar-benar terealisasikan, tapi benar apa yang sdr. jabarkan, saya sangat sependapat. semoga jika perpustakaan itu telah berdiri, benar-benar dapat membius masyarakat untuk dapat gemar membaca, dan tidak hanya jadi objek rekreasi, atau tempat pacaran muda-mudi

    c:

    salam kenal

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s