Menyoal Membuka Jutaan Hektar Lahan

Barusan saya melihat salah satu visi Ibu Mega. Mencetak 2 juta hektar lahan baru sekaligus membuka 4 juta hektar lahan aren. Namun, di nomor visi yang kesekian terdapat rencana penghijauan kembali 59 hektar lahan yang rusak. Kontradiksi?

Membuka lahan baru merupakan hal yang tak mudah. Juga tak segampang itu mereboisasi lahan rusak. Namun, semua upaya tersebut masih mungkin terjadi. Hanya saja, saya hanya saja geleng-geleng kepala dengan luasan jutaan hektar. Ukurannya benar-benar mega. Fantastis.

Masih ingatkah Anda dengan proyek sawah satu juta hektar di Tanah Borneo? Hayo, berapa banyak hasil panennya hingga hari ini? Sejahterakah warga sekitarnya? Sulit untuk memaklumi kegagalan mengubah hutan menjadi area persawahan yang berakhir menjadi padang-ilalang.

Tiba-tiba saya masih teringat kisah hancurnya Bangsa Maya berabad-abad silam. Kebudayaan tertinggi pada masanya jatuh karena pembukaan lahan secara besar-besaran. Bumi pertiwi tak sanggup menyembuhkan dirinya karena ditanami secara masal. Lalu, panen pun gagal, masyarakatnya mati kelaparan atau terpaksa mengungsi ke tempat lain. Secara green revolution yang bergema di seluruh penjuru dunia, jelas-jelas visi lahan berukuran mega menurut pemikiran Ibu Mega hanya akan merusak lingkungan.

Disclaimer: tulisan ini netral ditulis karena keheranan semata, tak ada maksud menyerang atau pun memihak capres.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s