Exit Poll

Terus terang ini kali pertama saya mendapati istilah Exit Poll. Ternyata berbeda dengan Quick Count. Coba baca artikel bertajuk Prabowo: Exit Poll itu Kriminal.

Di artikel itu dijelaskan "Survei dengan cara exit poll itu dilakukan dengan memberi pertanyaan kepada para pemilih usai mencontreng di TPS. Para pemilih langsung diberikan pertanyaan secara tatap muka ketika sesaat keluar dari TPS." Saya kurang mengerti apanya yang kriminal.

Mungkin, dengan begitu pilihan menjadi tak rahasia lagi. Namun, bukankah tetap saja siapa pilih siapa tetap dirahasiakan. Mungkin ini bisa jadi membuat hasil exit poll menjadi bias.

Setali tiga uang, bahwasannya hasil exit poll yang disiarkan mampu membentuk opini bahwa proses pemilihan sudah berakhir dan sudah ditemukan sang jawara. Argumen pun bisa dilontarkan, toh, kalau sudah mantap, pilihan hati tak akan berubah.

Apanya yang salah dengan exit poll? Bukankah bermain statistik itu biasa. Boleh dibilang sama biasnya dengan survei internal. Tentu saja, yang disurvei (anggota partai dan simpatisan) lebih memilih kandidat gabungan partai yang mengadakan survei tersebut.

Iklan

4 Replies to “Exit Poll”

  1. istilah exit poll, saya kenal kemarin. sah2 saja suatu lembaga melakukan survey ini. tp yg menjadikan nggak etis, menyiarkan di televisi ketika proses pemungutan suara masih berlangsung. klo sudjiwo tejo bilang : tv yg menyiarkan disebutnya dengan jahanam!

    Suka

  2. iya bener kenapa harus menyebut itu kriminal kan semuanya sudah memilih dan kita semua hanya menunggu hasil dari KPU yang pasti tidak berbeda jauh dari hasil quick count ataupun exit poll

    Suka

  3. Lha yang berpendapat kalah sih. coba dia yg menang, lain ceritanya. Lagian beliau sendiri pernah bilang, rakyat Indonesia sudah semakin cerdas, tidak bisa ditipu dengan janji2, dll. Lha kok sekarang malah bilang bisa mempengaruhi yg belum milih. Dengan kata lain bilang gak cerdas lagi dong

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s