Penata Laksana Rumah Tangga

Penasaran dengan judul postingan kali ini? Pasti Anda jarang mendengar nama profesi di atas. Apa yang sesungguhnya mereka kerjakan? Jenis pekerjaan baru?

Bandingkan dengan istilah berikut. Pembantu rumah tangga (PRT) atau cukup disebut dengan ‘pembantu’ saja. Bahasa Inggrisnya, helper atau domestic helper. Secara bahasa gaul disebut ‘pembokat’.

Sungguh saya heran mengapa harus mengganti istilah yang sudah jamak. Para mbak dan bibi ini memang diharuskan menata rumah. Ganjalannya terletak pada kata ‘laksana’. Memang mereka menata rumah karena melaksanakan perintah majikan.

Kata ‘pembantu’ lebih tepat karena memang tugas mereka untuk membantu pekerjaan atau pun hidup sang tuan rumah yang menggaji mereka. Tak lebih dan tak kurang. Terlepas dari nama profesi mereka yang ‘canggih’. Toh, penghidupan mereka tak banyak berubah. Masih saja dianggap babu yang disuruh-suruh.

Yang lebih diperlukan adalah meningkatkan sistem perlindungan dan kesejahteraan kerja mereka sehingga bisa meningkatkan harkat-martabat mereka. Bukan repot-repot mengganti nama profesi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s