Menambah Koleksi Buku Perpustakaan

Banyak penikmat perpustakaan menyayangkan kurangnya koleksi buku perpustakaan yang mereka kunjungi. Maklum, penyediaan buku bukan hal yang murah. Meskipun ragam buku makin luas, toh, harganya juga tak turun. Bagi perpustakaan dengan pendanaan besar, tentu tak ada masalah. Sayangnya, di tengah kondisi ekonomi sekarang ini, makin banyak perpustakaan yang kembang-kempis.

Jadi yang diperlukan adalah cara-cara yang bisa dilakukan perpustakaan untuk mendongkrak jumlahan bukunya. Bukan, bukan berarti meningkatkan iuran bulanan untuk para pembacanya. Justru hal ini kontradiktif karena membatasi minat membaca.

Beberapa cara bisa dicoba. Membuka kesempatan bagi para pembaca untuk mendonasikan buku atau majalah yang mereka punyai. Meningkatkan kerjasama dengan penerbit dan toko buku agar mereka menyumbangkan buku-buku yang tak laku terjual teronggok di gudang mereka atau buku-buku cacat produksi. Menjalin tukar-menukar koleksi buku dengan sesama perpustakaan lainnya.

Dengan begitu, perpustakaan tak terlalu tergantung dengan tebal tipisnya pendanaan karena bisa memenuhi kebutuhan buku secara kreatif. Omong-omong, adakah cara lain untuk menambah koleksi buku perpustakaan?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s