Menyoal Perpustakaan

Kesukaan membaca membuat saya menghargai eksistensi perpustakaan. Alasannya, perpustakaan menyediakan beragam bacaan yang bermanfaat dan menghibur. Buku, jurnal, surat kabar hingga majalah. Perpustakaan merupakan salah satu favorit saya untuk mengisi waktu. Tentu, selain toko buku.

Sayangnya, keberadaan perpustakaan masih terbatas di Kota Yogya. Bila pun gratis, koleksinya masih terbatas. Bahkan, ada rasa kasihan kala melihat Perpustakaan Daerah yang kondisinya sungguh mengenaskan. Perpustakaan yang benar-benar berkualitas biasanya dimiliki oleh lembaga pendidikan setingkat universitas yang tentu koleksinya terbatas untuk dinikmati kalangan sendiri.

Untungnya, masih saja ada kepedulian dari lembaga masyarakat dan individu secara pribadi untuk mengadakan perpustakaan. Merintis dari awal. Mulai dengan koleksi buku yang tak banyak namun makin hari makin lengkap. Jumlah buku bisa meningkat karena donasi, limpahan buku atau bahkan keluar dari kocek pribadi.

Saya pernah dan masih memiliki impian untuk memiliki perpustakaan yang dibuka untuk umum. Belum terwujud saat ini. Sementara ini yang saya bisa lakukan adalah ikut memberi wacana dan menyuarakan pentingnya eksistensi perpustakaan melalui blog ini. Sebuah diskusi tertulis yang siapa tahu berguna.

Oleh karena itu, mulai sekarang akan muncul postingan menyoal perpustakaan di blog Munggur ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s