Alat Komunikasi dan Komunikasi

Ponsel, surel (surat elektronik), messenger, tatap muka streaming video, Facebook dan yang terakhir Twitter. Banyak pilihan untuk bertukar pesan. Berkomunikasi. Lebih murah hingga mendekati gratis. Mudah, siapapun bisa menggunakannya. Pilihan berkomunikasi tersedia bebas dan makin lama makin canggih.

Hanya saja rupanya tak berbanding lurus dengan kemampuan manusia berkomunikasi. Segala perangkat tersebut, baik disadari atau tidak, mengurangi kemampuan manusia berkomunikasi. Ada yang dikurangi dari komunikasi tak langsung tersebut. Berbeda dengan komunikasi langsung dan secara tatap muka, ada ekspresi yang tampak di wajah, gerak tubuh yang menyiratkan suasana hati dan juga empati saat berbicara langsung. Ada tatapan mata yang saling membaca ‘banyak hal yang tak tersampaikan oleh kata-kata’.

Benar, ada yang kurang. Kurang lengkap. Melalui kecanggihan teknologi tetap saja ada yang terlewat. Paragraf tanpa konteks, deretan kata yang tertata tanpa tahu emosi penyampaiannya dan terasa asing. Untuk yang terakhir ini, coba saja camera chat, pasti agak tak nyaman.

Terbukti saat banyak orang tak pandai mengucap kata yang sudah ada di dalam kepala. Ekspresi kaku, responnya pun malu-malu. Kemampuan manusia berkomunikasi makin menurut. Bahkan ada yang cacat. Bisa berbuih-buih di surel mau pun status Facebook, tapi diam seribu diam kala bertermu langsung.

Kata tercekat saat bertatapmuka secara langsung. Namun, lancar bertukar-kata kala ngobrol-ngobrol terjadi melalui alat komunikasi. Sebuah ironi bahwa manusia menemukan alat komunikasi yang menurunkan kemampuan komunikasi meski sejatinya untuk membantu kelancaran komunikasi. Komunikasi jaman sekarang merupakan komunikasi yang interaktif tapi tak lagi komunikatif…

Iklan

One Reply to “Alat Komunikasi dan Komunikasi”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s