Gempa Jakarta dan Twitter

Sungguh tak dinyana saat tiba-tiba mendapati "earthquake", "gempa", "jakarta", "tasikmalaya" dan "indonesia" di Trending Topics Twitter. Ada sesuatu yang terjadi tentunya. Yang lalu disusul dengan "tsunami watch". Ada apa gerangan?

Ada guncangan gempa yang berpusat di Tasikmalaya dan berpotensi menimbulkan gelombang Tsunami. Yang untungnya urung terjadi. Itu fakta yang diberitakan oleh kantor-kantor berita beserta liputannya breaking news-nya.

Namun, beserta dengan fakta, ada distorsi arus informasi yang membuat pencari berita menjadi panik. Membayangkan yang bukan-bukan. Ada yang membumbui. Ada yang ‘iseng’ lucu-lucuan. Normal memang. Hanya saja tak bijak.

Akan lebih baik bila pemakai Twitter bisa menjadi lebih informatif, tak perlu membuat tanggapan-tanggapan yang bisa membuat informasi yang bias, tak berguna. Pengguna Twitter pun tentu harus melakukan cek silang dengan mendapatkan informasi di berita yang lebih dapat diandalkan dan dipercaya. Dengan begitu, panik terhindarkan.

Lagipula, ada beberapa yang bangga karena Indonesia berada di Trending Topics. Padahal jelas-jelas itu menandakan sesuatu yang serius. Yaitu bencana yang tak layak untuk bahan bercanda. Boleh bangga bila Trending Topics tersebut membilang hal yang positif untuk bangsa yang terletak di Ring of Fire ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s