Fetal Macrosomia

Istilah biologi di atas dipakai untuk menyebut ‘bayi raksasa’. Bayi yang terlahir dengan berat badan dan ukuran yang berlebih dibanding ukuran bayi yang terlahir pada umumnya.

Seperti yang baru saja diberitakan di artikel bertajuk "Giant Baby, Mengapa Terjadi? Tentu wajar bila operasi Caesar dilakukan. Jelas akan menjadi masalah tersendiri bila harus dilahirkan melalui ‘jalan yang biasa’.

Untungnya kemampuan kedokteran jaman sekarang sudah lebih maju. Hal abnormal seperti ini bisa dimengerti, dijelaskan dan diatasi secara klinis. Bayangkan apa yang terjadi puluhan tahun yang lalu bila ada ‘bayi raksasa’ seperti ini? Boleh jadi, bayi tersebut akan disangkutpautkan dengan hal-hal klenik gaib sebagai tanda datangnya berkah atau malah kutukan penguasa langit oleh warga sekitarnya.

Semoga para bayi yang tak mungil tersebut akan tumbuh dengan wajar, tanpa mengalami disfungsi fisik yang dianggap oleh keluarganya mempermalukan nama keluarga. Padahal sama seperti anak-anak lainnya, mereka terlahir polos dan tanpa dosa. Jadi tak perlu dianggap sebagai keanehan dan diolok-olok.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s