Turunnya Kemampuan Baca

Seberapa cepat Anda mampu membaca buku? Mungkin kecepatan tak lagi menjadi masalah. Tapi bagaimana dengan volume membaca Anda?

Pertanyaan tersebut muncul kala saya mendapati bahwa meskipun saya mampu membaca dengan cepat tapi tak lagi mampu mencerap volume baca sebanyak dulu.

Berbagai artikel bisa saya cerap dengan mudah. Sebaliknya, buku yang tebal tak lagi bisa saya nikmati. Tersengal-sengal rasanya. Baru bagian intro saja pun sudah tertatih-tatih.

Dugaan saya, hal ini dikarenakan tingkat konsentrasi berkurang banyak. Tak dipungkiri, kita terekspos dengan informasi pendek-pendek. SMS, email, artikel berita singkat dan tentu berbagai tayangan interaktif visual terpotong-potong.

Ya, sore ini saya mencoba membaca ebook Teori Darwin. Mulai membaca lalu minat tiba-tiba hilang. Sungguh, kebiasaan membaca buku sudah terabaikan. Bagaimana dengan Anda, apakah masih mampu menuntaskan buku bacaan?

Iklan

4 Replies to “Turunnya Kemampuan Baca”

  1. baca buku enaknya sambil makan coklat. apalagi kalo coklatnya dari singapore….wkwkwk…
    btw makasih ya mas ti2pan coklatnya kmren, maknyuss bgt. org serumah suka sekaliiii… kata bang hot dan mbak sisca sering2 aja kirimnya..hehehe…..ditunggu kiriman berikutnya. wkwkwkk…… GBU.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s