Menjadi Turis yang Sopan

Minggu lalu kala sedang mengunjungi Marble Temple di Bangkok, saya mendapati beberapa turis asing diminta untuk tak berdiri di dekat altar Budha. Rupanya saking asyiknya memotret, mereka lupa bahwa tempat itu disucikan. Bahkan ada dari mereka yang tetap saja asyik memotret di tempat tersebut. Hmm…

Rupanya mengunjungi tempat wisata harus ada sopan-santunnya. Bukankah setiap tempat ada aturannya. Terlebih tempat wisata yang tergolong tempat ibadah. Minimal baju yang kita kenakan tidak melanggar aturan di sana. Sudah umum bahwa mengunjungi candi dan kuil, haruslah memakai baju yang menutupi badan dari pundak hingga mata kaki.

Tutur kata dan perilaku juga harus dijaga dengan baik. Boleh jadi bila tak awas, masalah bisa timbul dengan sendirinya. Semisal, menyinggung orang lain di tempat wisata tersebut. Alhasil, bukan pengalaman perjalanan yang menyenangkan tapi malahan problem tak mengenakkan.

So, tak ada ruginya bila mempelajari apa yang harus seyogyanya dilakukan di tempat tujuan wisata. Lalu, santun dalam perjalanan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s