Gempa, BMKG dan USGS

Ada rasa was-was yang menjalar saat mendengar berita tentang gempa bumi. Apalagi bila merasakan sendiri getarannya. Tentu, menebak-nebak apakah telah terjadi gempa rasanya kurang bijak. Lebih yakin bila sudah mendapat fakta dan berita.

Cukup mengulik situs Badan Meteorologi, Klimatologi dan Fisika di bmkg.go.id dan U.S. Geological Survey yang beralamat di www.usgs.gov. Laporan gempa disampaikan secara tepat, lengkap dengan lokasi sumber gempa dan besaran goyangannya.

Setelah itu, hidupkan radio atau televisi, buka kanal-kanal berita online dan sebarkan berita gempa secara seksama. Jadi, yang Anda sebar bukan hanya desas-desus, kabar burung dan kira-kira semata. Bukannya menyelamatkan nyawa orang, tapi informasi menyesatkan bahkan bisa menimbulkan kepanikan yang tak perlu.

Memang informasi datang terlambat. Namanya juga fakta, bukan ramalan. Paling tidak, keterangan yang terjadi sesaat tersebut mampu memberikan petunjuk apa yang seharusnya dilakukan. Lagipula, seyogyanya warga yang hidup di Ring of Fire siap sedia dengan bencana gempa.

Omong-omong, beberapa orang malah ingin mengetahui ‘kapan terjadinya gempa di masa datang?’. Hmm, kalau seperti itu, tanyakan saja pada Mama Lauren. Siapa tahu beliau ‘melihat sebelum terjadi’. Meski diragukan. Maklum, ahli nujum seperti itu ramai berbicara setelah terjadi bencana. Bukan sebelumnya. Benar, kan?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s