Gudeg Yu Djum

Bila Anda berada di Yogyakarta, tentu Gudeg merupakan salah satu sajian tradisional yang harus disantap. Coba lihat gambar Gudeg. Coba ulik Wikipedia untuk mengetahui lebih lanjut tentang Gudeg.

Nah, salah satu Gudeg yang baru saja coba beberapa minggu yang lalu adalah Gudeg Yu Djum. Anda bisa menyantapnya di rumah makannya yang berlokasi di Karangasem mbarek CT III/22, Jalan Kaliurang Km. 5. Letaknya masuk ke gang yang ada di kompleks UGM. Jam 5 pagi sudah buka, bagi yang suka sarapan.

Enak rasanya sesuai dengan harganya yang menguras kocek. Karena termasuk sebagai Gudeg Kering, Gudeg ini cocok untuk dibawa ke luar kota. Saat itu pelayannya mengaku bahwa sajian yang terbuat dari buah Nangka itu bisa tahan 2 hari. Tentu saja bila dimasukkan dalam kulkas. Satu hari bila dibiarkan tanpa kulkas.

Sayangnya, mungkin karena sudah populer atau memang dikelola secara keluarga, tampaknya pelayanan mereka kurang memuaskan. Ada kesan para pembeli yang butuh mereka. Kurang ramah dan njawani. Padahal sing dodolan gayeng lan gapyak (penjualnya ramah dan menyenangkan) merupakan ciri khas penjual Gudeg.

Padahal bila dikelola secara profesional, tentu masih mempertahankan cara masak yang sudah bertahun-tahun demi menjaga kualitas rasa, penjual-penjual Gudeg bisa maju sehingga sajian khas Yogyakarta tersebut lebih populer dan diminati masyarakat luas.

Iklan

One Reply to “Gudeg Yu Djum”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s