Hara Hachi Bu

Panjang umur. Itulah salah satu impian paling populer yang diidam-idamkan banyak manusia. Tapi usia yang panjang membutuhkan kerja keras. Tak mudah. Ada banyak hal yang harus dilakukan untuk mencapainya.

Di Negeri Matahari Terbit, rupanya mereka mengetahui salah satu cara untuk memanjangkan umur mereka. Usia 70 hingga 90 tahun sering didapati di sana. Rahasianya adalah hara hachi bu. Apa itu?

"hara" adalah perut, sedangkan "hachi bu" kira-kira adalah 80. Terjemahan bebasnya adalah makan 80 persen dari kapasitas perut. Kurang sedikit dari rasa kenyang. Singkatnya, makan secukupnya. Mudah, bukan?

Ternyata tidak. Coba lihat sekitar Anda. Terlalu banyak teman atau keluarga yang sudah bisa digolongkan penderita kegemukan. Obesitas, bahasa kerennya. Padahal ekonomi tak juga membaik, harga makanan selalu naik. Toh, makin banyak yang tak kuasa mengatur dengan baik asupan yang masuk ke mulut. Makan dan makan. Lebih banyak dan tak terkontrol.

Jadi, apakah Anda mau panjang umur? Bila ya adalah jawabannya, tak ada kata terlambat untuk menerapkan hara hachi bu. Tak mudah tapi tak ada salahnya mencoba.

Iklan

2 Replies to “Hara Hachi Bu”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s