Berhalangan Hadir di Pengadilan

Beda kasta memang nasibnya bisa berbeda. Setali tiga uang dengan urusan yang berkaitan dengan ‘meja hijau’. Orang kebanyakan, meskipun betul-betul berhalangan, suka atau tak suka harus hadir di persidangan. Bila tidak, boleh jadi absennya sang terdakwa bisa membawa dampak merugikan. Vonis bisa lebih berat.

Sedangkan untuk beberapa orang yang tergolong ‘spesial’, justru bisa mengelak hadir di hadapan hakim. Dengan alasan yang klasik seperti ‘sakit’. Mungkin benar-benar sakit karena stres kok akhirnya tersandung skandal padahal korupsinya sudah diatur sedemikian jeli.

Coba perhatikan berita akhir-akhir ini. Pengemudi sepeda motor yang mengalami kecelakaan segera masuk penjara. Padahal istrinya tewas dalam kecelakaan itu, anaknya tidak ada yang merawat dan luka di tubuhnya belumlah sembuh. Berbeda dengan pejabat militer senior yang semua orang tahu sama tahu dengan penyalahgunaan wewenangnya. Sidang bisa ditunda karena beliau sedang ‘sakit’. Mendadak sakitnya. Klasik, kan?

Seyogyanya di mata dewi keadilan semua orang sama. Kaya dan miskin. Berpendidikan atau tidak. Tua dan muda. tokoh penting atau rakyat jelata. Hanya saja, kita mafhum bahwa banyak hal yang berurusan dengan meja hijau, pasti juga berkaitan dengan oknum petugas hukum yang ‘matanya hijau’. Jadi, ada segelintir orang ‘spesial’ yang bisa menunda atau menolak hadir di pengadilan.

Jadi ingat dengan guru piket yang membawa buku absensi. Bila beliau bertanya maka murid yang disebut namanya bisa menjawab "hadir, pak!" sembari mengacungkan jari telunjuk. Dan biasanya ada yang menjawab "sakit, pak!" saat ada murid lain yang berhalangan hadir di kelas.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s