Beda Bangsa, Beda Pula Etos Kerjanya

Saat mandi di bawah pancuran air tadi siang, tiba-tiba saya mendapat pencerahan. Bahwasannya masing-masing bangsa memiliki etos kerjanya masing-masing.

Bagi bangsa Amerika, yang penting adalah hasil akhir. Naik turunnya kinerja dihitung dalam tabel data yang akurat. Berbanding terbalik dengan bangsa-bangsa Eropa yang mengutamakan proses kerja. Suatu produksi yang berkualitas haruslah diproduksi melalu proses sempurna. Contohnya, BMW atau Rolex.

Sedangkan bangsa Jepang, yang penting adalah kebanggaan dan pengabdian. Bekerja merupakan gaya hidup dan seseorang bisa merasa terhormat bila kerja hingga usia lanjut atau bahkan mati saat bekerja. Lain pula dengan di China, segala cara dihalalkan asal mencapai tujuan kerja. Lagipula, dengan melimpahnya tenaga kerja, persaingan sangat ketat. Bagaimana dengan bangsa Arab? Hasil dan proses tak terlalu penting. Yang penting niatnya. Semoga dengan begitu amal baik pekerjaan dapat diterima oleh yang yang di atas. Bekerja pun dijadikan sebagai bentuk ibadah. Jadi bekerja, bisa masuk surga. Lalu, bangsa Indonesia?

Justru ini yang unik. Di tanah air, tak ada yang peduli hasil, proses dan niat. Jawabannya sederhana, "Yang penting beres, pak! Gampang deh!" Etos kerja yang diterapkan mulai dari pejabat pemerintahan hingga kuli bangunan. Jadi tak perlu bingung bila ada RUU yang aneh bin ajaib, gedung yang runtuh sebelum diresmikan, uang nasabah bank hilang secara tiba-tiba atau guru-guru yang membuat karya ilmiah secara tak ilmiah. Gampang kok! Cukup membuat aneka Pansus, beri ide pesangon 35 kali gaji atau rombak kabinet.

Gus Dur pun pernah berujar, "Gitu aja kok repot!". Singkat kata, "Gampang, dab!"

Iklan

One Reply to “Beda Bangsa, Beda Pula Etos Kerjanya”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s