Situs Pemda yang Mati Suri

Pemberitaan mengenai penutupan sementara situs pemerintah daerah Lampung Utara sungguh memprihatinkan. Coba lihat . Bukan, bukan karena tak ada dananya yang membuat kasihan. Tapi karena kelihatannya tak ada upaya alternatif yang dilakukan pemda setempat.

Sebenarnya tak perlu mengalokasikan dana ratusan juta rupiah untuk menjalankan sebuah situs. Meskipun hal tersebut boleh jadi menjadi ‘kewajaran’ tersendiri bagi beberapa situs pemerintah. Bahkan hingga mencapai ukuran milyar. Ada pemda-pemda yang mampu menjalankan situs pemda dengan keterbatasan namun hasilnya mampu dimanfaatkan oleh masyarakatnya. Terlebih mereka yang menggunakan perkakas Sumber Terbuka semacam server Linux.

Apa sih yang dibutuhkan? Bukankah sudah ada Joomla Indonesia untuk membangun sebuah situs, hosting situs yang tak lagi mahal, domain internet yang tak lagi mahal, jejaring sosial, perkakas forum, platform blog tak berbayar dan juga komputasi menggunakan komputer seadanya pun cukup. Sumber daya manusia? Melimpah di tanah air. Tak perlu memperkerjakan banyak orang, sedikit saja sudah cukup setara dengan kebutuhan.

Tak perlu situs yang mewah dengan tampilan warna-warni yang tak jelas, pun menyewa jasa pembuatan situs yang sangat mahal. Masyarakat luas justru membutuhkan situs yang bermuatan informasi terkait pemda terkait, ringkas hingga mudah diakses, interaktif hingga bisa menangkap aspirasi warganya. Bila perlu, pemda bisa mengorganisir warganya yang berkeinginan untuk bekerja secara sukarela berpartisipasi menjalankan situs tersebut.

Jadi, tunggu apa lagi? Tak seharusnya situs pemda mati suri hanya gara-gara tak memiliki dana ratusan juta rupiah yang diambil dari pajak rakyat.

Iklan

One Reply to “Situs Pemda yang Mati Suri”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s