Fokus Pada yang Penting

Dalam hidup ini jelas bahwa sehari tak lebih dari 24 jam. Seminggu tak lebih dari tujuh hari. Setahun tak kurang dan tak lebih dari 12 bulan. Waktu terbatas bila dikaitkan dengan berapa lama jiwa manusia boleh melekat di badannya. Padahal banyak yang harus dilakukan, dicapai dan tentu dinikmati.

Hampir semua orang pernah mengeluh tak punya cukup waktu. Benar adanya. Hanya saja, lebih banyak orang yang suka membuang waktu pada hal yang ga penting. Entah itu mengurusi orang lain, mengomentari kehidupan tapi tak mampu mengubahnya menjadi lebih baik atau melibatkan diri dengan konflik yang tak ada akhirnya.

Begitu pun saya. Baru sore ini menyadari bahwa saya membuang demikian banyak waktu pagi hingga siang untuk ‘melayani’ gesekan dengan kolega yang sejatinya ga penting. Terseret dengan orang yang jelas tak memiliki etika kerja yang benar. Padahal waktu yang terbuang bisa digunakan untuk melakukan hal berguna lainnya. Lebih produktif. Lebih senang dan puas di akhir jam kerja.

Ada pelajaran penting yang saya dapat. Yaitu untuk fokus pada sesuatu yang penting. Yang kurang penting, EGP. Masih banyak yang harus dipikirkan, dilakukan dan dinikmati. Bahkan, hidup tak hanya sekedar di kantor. Tapi juga kehidupan pribadi, keluarga dan cita-cita.

Tak mau saya meminggirkan atau melalaikan banyak segi kehidupan yang penting untuk hal-hal tak penting. Hidup itu berharga, satu kali saja dan dibatasi oleh waktu. Bukan begitu? Paling tidak, saya tak ingin menyanyikan lagu di bawah ini. Lagu yang dipenuhi rasa kecewa karena membuang waktu dan kesempatan.

Iklan

One Reply to “Fokus Pada yang Penting”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s