Berhenti Merokok

Katanya berhenti merokok itu susah setengah mati. Saya tak pernah mengetahuinya. Maklum, saya tak pernah dan tak ingn menghisap batang berasap penuh racun tersebut. Hanya saja, turut senang bila ada perokok berat yang akhirnya menghentikan kebiasaan tersebut.

Seperti yang diulas dalam artikel Kompas mengenai Trimedya, seorang politisi yang bisa berhenti merokok padahal dulunya bisa habis 4 bungkus rokok. Suatu perubahan yang drastis. Penyebabnya, anak-anaknya memarahinya bila dia merokok. Efektif. Anak-anaknya mampu mencegah orangtuanya melakukan tindakan yang bisa menjadi bom waktu. Rusaknya badan.

Teringat saya akan ayah saya yang berhenti merokok dengan cara yang sama. Adik saya rupanya pantang menyerah untuk mengambil dan membuang rokok yang ditemukannya di rumah. Dengan begitu, ayah berhenti merokok sama sekali.

Dan sebenarnya ada begitu banyak cara untuk berhenti merokok. Mulai dari pendekatan agamis, psikologis atau pun medis. Namun, semuanya harus berangkat dari kesadaran sang perokok untuk tak lagi melanjutkan kebiasaannya.

Mengapa? Karena banyak orang, termasuk beberapa teman, berpikir bahwa mereka dapat mengontrol dosis merokok mereka. Nyatanya, sampai sekarang mereka tetap saja mengepulkan asap tak sedap dari batang penuh racun tersebut. Menjadi suatu ketergantungan yang tak kunjung berakhir. Hingga dokter memvonis mereka suatu hari nanti.

4 Replies to “Berhenti Merokok”

  1. saya mulai tau rokoh tu kls 3 sd tapi walauput peroh ysng aktif namun bila saya berhenti saya bisa dan tidah ada efek kebiasaan merokoh tu bisa berhentin ka;lau kita mau berhenti

    Suka

  2. ini ada sedikit tips untuk berhenti merokok coba gunakan tehnik SEFT semoga bisa membantu …. kunjungi kami di bukuseft.wordpress.com

    Suka

Tinggalkan Balasan

