Korean Wave

Hah, apakah ada tsunami di Korea? Jangan panik. Gelombang yang satu ini merupakan istilah lain dari Hallyu. Merebaknya budaya Korea ke berbagai dunia. Mulai dari drama, musik hingga macam-macam kulinernya. Jadi bukan hanya Kimchi semata. Justru pamor pariwisatanya makin maju. Demikian pula dengan produksi manufakturnya. Ada yang belum tahu Samsung?

Hebat, ya? Lalu mengapa bisa demikian? Mengapa negara kecil yang terletak di antara Negeri Tirai Bambu yang sangat besar, Negara Matahari Terbit yang sangat maju dan Negara Ginseng Utara ini mampu menjelma menjadi negara yang sangat maju?

Melihat pada negeri sendiri, seharusnya dengan penduduk lebih banyak, kita mampu bangkit menjadi lebih baik. Minimal sama bagus. Budayanya terkenal, produksi melimpah dan pariwisata pun tak ada habisnya.

Mungkin negeri ini harus diperbaiki dari awal. Pondasinya banyak yang rapuh, entah itu pendidikan, mentalitas atau pun cara hidup sehari-hari. Atau karena tak ada ancaman yang mendesak hingga bermalas-malasan saja tak mengapa. Jadi tak perlu menjadi negara maju, toh, asal bahagia hidup seperti ini.

Kapan ya ada semacam Indonesian Wave? Bukan, bukan ekspor TKI ke penjuru dunia. Oh, bukan, bukan pula gelombang besar yang memporakporandakan kota-kota tepi pantai. Tapi gelombang kebangkitan bangsa yang cinta tanah air dan bangga dengan dirinya sendiri.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s