Tibet Travel Permit

Apakah Anda hendak mengunjungi Tibet? Itu artinya Anda harus memiliki Tibet Travel Permit. Tanpa surat keterangan tersebut, Anda tak akan diperkenankan memasuki wilayah Tibet dari China maupun dari Nepal. Tak mudah mendapatkannya terutama bila Anda hendak bepergian seorang diri atau dalam kelompok kecil.

Ada cara yang lebih mudah. Yaitu membeli paket perjalanan ke Tibet melalui biro perjalanan. Mereka akan mengurus surat ijin tersebut. Tentu dengan catatan bahwa anda membeli paket perjalanan dari mereka. Toh, jalan-jalan menjadi lebih praktis dengan kehadiran pemandu wisata lokal ketimbang harus berkelana secara swadaya. Terlebih bila Anda tak menguasai bahasa Mandarin dan dialek lokal. Tak banyak yang bisa berbicara dengan bahasa Inggris.

Saat saya ke Tibet bulan lalu, saya menerima surat ijin tersebut dari pemandu wisata di Xining, Qinghai. Dari kota yang berada di China Barat itulah saya memasuki Tibet dengan menggunakan China Tibet Train ke stasiun Golmud dan berakhir di Lhasa. Tanpa surat ijin, tak bakal bisa menaiki kereta tersebut.

Apakah cukup hanya dengan Tibet Travel Permit di kantong? Ternyata tidak. Anda juga harus memiliki Visa China dengan satu kali entri. Tanpa visa tersebut, Anda tetap saja tak akan bisa masuk Tibet. Maklum, Tibet termasuk wilayah China. Jadi bila Anda berusaha memasuki Tibet dari Nepal, toh, tetap saja harus membuat Visa China, juga Visa Nepal tentunya. Malah repot, kan?

Boleh saja Anda berusaha backpacking ke sana. Tapi lebih bijak tetap gunakan jasa biro perjalanan untuk mendapatkan Tibet Travel Permit sekaligus tiket untuk memasuki Istana Potala.

Iklan

2 Replies to “Tibet Travel Permit”

  1. Boleh minta no telp, saya akan ke Tibet bulan Februari dan memerlukan bantuan mengenai tibet permit dan transportasi.
    Terima kasih

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s