Perusakan Kamera Wartawan Infotainment

Coba bayangkan suatu hari Anda sedang menghadapi masalah pelik yang membuat sakit kepala, berurusan dengan penegak hukum dan karir Anda diujung tanduk. Anda frustasi, bingung dan gelisah. Lalu, tiba-tiba ada orang yang mengejar Anda, mencecar belasan pertanyaan dan menyorotkan kamera ke wajah Anda. Belasan kali pula Anda memohon agar tak direkam, meminta dengan hormat hak akan ruang pribadi dan agar tak dikuntit. Tapi tetap saja Anda dikejar-kejar wartawan infotainment. Bagaimana perasaan Anda?

Kebanyakan orang akan emosi. Tindakan spontan yang kasar merupakan reaksi yang wajar. Bentuk pertahanan diri. Bisa jadi mendorong oknum wartawan (yang tak sopan dan menghargai subyek narasumbernya), begitu pula menghantam kamera yang terus menyorot wajah.

Sayangnya, bila kamera rusak atau badan luka, justru oknum wartawan ini memanfaatkan kesempitan dalam kesempatan. Menjadikan dirinya objek penderita hingga menjadikannya topik pemberitaan sekunder yang tak bermutu. Mungkin pula meminta ‘imbalan ganti rugi’ agar tuntutan hukum atas pengrusakan tak diteruskan.

Padahal jelas, oknum wartawan ini yang tak tahu etika jurnalisme yang sehat dan fair. Mengejar berita adalah hal yang penting sebagai bagian dari profesinya. Tapi mengejar-ngejar hingga menimbulkan gangguan kepada perorangan pribadi jelas tak terpuji. Asosiasi jurnalisme harusnya menindak dengan tegas anggotanya yang tak lagi menghormati narasumbernya.

Hanya saja hal ini toh tetap akan terjadi. Cepat atau lambat akan terulang kembali. Maklum, antusiasme masyarakat luas akan gosip murahan di infotainment begitu besar, para produser infotainment pun tentu ingin pemirsa sebanyak mungkin tentu dengan menekan para wartawannya untuk menggali narasumber lebih dalam dengan menghalalkan segala cara.

Iklan

One Reply to “Perusakan Kamera Wartawan Infotainment”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s