Baca Petunjuk Terlebih Dahulu

Hari ini saya begitu semangat pergi ke kantor. Maklum, perusahaan tempat saya bekerja pindahan ke kantor yang baru. Gedung baru pula. Pasti asyik. Saya mendapati meja model baru dengan dudukan monitor yang fleksibel, telepon yang baru dan segala yang serba baru. Bersih pula.

Di depan meja diletakkan beberapa petunjuk penggunaan meja yang dapat diputar sesuai keinginan, cara memakai telepon VOIP, tips menggunakan fasilitas kantor dan peta bangunan. Malas untuk membacanya tapi saya pikir itu perlu dipahami. Beberapa menit saya luangkan untuk mencerna sekaligus mempraktekkan apa yang harus saya lakukan dengan beberapa barang baru. Semua beres, tak ada keluhan.

Herannya banyak yang bingung dan lebih jelek lagi yaitu mengalami masalah dengan menyambung kabel internet, mengunci loker dengan nomor kombinasi dan juga fasilitas lainnya. Ujung-ujungnya mereka ini adalah orang yang malas membaca petunjuk yang sudah diberikan dengan jelas.

Lalu hanya bisa mengeluh, marah-marah sendiri dan tentu tidak lancar di hari pertama. Jelas hal itu merugikan mereka sendiri. Tapi ya bagaimana lagi, ternyata buku petunjuk hanya dianggap informasi tak berguna. Sampah.

Jadi hari ini banyak orang yang tak paham dan tak mau untuk membaca petunjuk terlebih dahulu. Bila hal kecil saja kacau balau, bagaimana bila mereka harus mengoperasikan alat yang cukup rumit dan besar. Bisa jadi masalah yang timbul akan lebih besar.

2 Replies to “Baca Petunjuk Terlebih Dahulu”

Tinggalkan Balasan

