Menghitung Kekuatan Gempa

Rupanya akhir-akhir ini banyak diberitakan mengenai gempa yang menggoyang tanah air maupun negeri manca. Tentu liputan menyoal lindu tak pernah lepas dari besaran skala yang ditimbulkannya. Pada umumnya kita mengenal Skala Richter. SR singkatannya. Makin besar, makin heboh kepanikan yang melanda. Maklum, hutan beton di perkotaan pun bisa porak-poranda. Apalagi perumahan penduduk yang asal bangun.

Namun, tak selalu SR yang besar timbulkan bencana hebat. Begitu pula SR yang imut, bisa jadi tewaskan lebih banyak orang. Kedalaman sumber gempa, struktur tanah dan demografi menentukan seberapa dahsyat efek gempat tersebut pada suatu wilayah. Ada besaran lain untuk mengukur kekuatan gempa. Terdapat Magnitudo Gempa, Skala Mercalli dan Skala Kekuatan Moment.

Saat dulu saya tinggal di Yogyakarta, yang relatif sering digoyang gempa sehingga menganggapnya sebagai hal biasa, saya merasa gempa bukan merupakan ancaman. Toh, rumah masih berdiri kokoh. Barulah pada saat terjadi Gempa Tektonik 27 Mei 2006 berkekuatan 6,2 pada Skala Richter, saya menyadari dahsyatnya efek gempa yang meluluhlantakan separuh kota kelahiran saya tersebut. Beruntung daerah saya tak dirambati energi dashyatnya sehingga selamat. Tapi banyak teman dan keluarga yang rumahnya rusak bahkan hancur.

Namun, lupakan hitung-hitungan besaran gempa saat gempa melanda. Yang terpenting segera selamatkan diri dan keluarga. Sesudah itu bila memungkinkan selamatkan aset berharga Anda. Segera hubungi sanak-keluarga untuk koordinasi. Terkadang bukan gempa yang membahayakan nyawa tapi justru rasa panik yang timbul saat tanah berpijak bergoyang tak beraturan.

Gempa bukan bahan bercandaan. Bencana yang bisa mengambil korban nyawa dan harta. Tapi tak seyogyanya gempa ditakuti tapi hal menarik untuk dipelajar, diwaspadai. Dan untuk mereka yang pernah atau sedang menderita karena gempa, simpati saya untuk mereka.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s