Trem Citadis

Berita mengenai railbus Solo sungguh membanggakan. Ternyata masih ada pemerintah kota yang menaruh perhatian kepada angkutan masal. Tak perlu wacana setinggi langit dengan anggaran yang fantastis.

Pemkot Solo mendengarkan aspirasi warganya dan kebutuhan pengembangan tata kota. Lalu setelah berkonsultasi dengan pakar tranportasi membangun setahap demi setahap railbus, bis tingkat dan pelebaran trotoar bagi para pejalan kaki.

Transportasi kota masal yang handal yang memampukan warganya untuk bergerak dari satu titik ke titik lain jelas-jelas menguntungkan roda perekonomian dan menciptakan kehidupan yang dinamis. Coba perhatikan kota-kota di Eropa. Warganya mengandalkan angkutan kota yang murah dan mudah dibanding menggunakan kendaraan pribadi yang ongkosnya tak ekonomis dan meningkatkan polusi.

Salah satu bentuk angkutan masal adalah trem. Ada yang menyebutnya dengan railbus. Investasi awal tak semahal kereta bawah tanah dan monorail. Begitupun biaya dan kompleksitas perawatannya. Contoh trem yang populer digunakan di negara-negara maju adalah Citades.

Bentuknya enak dilihat, mampu mengantarkan banyak penumpang, hanya memerlukan stasiun pemberhentian yang sederhana sehingga bisa dibangun dengan lebih cepat di banyak tempat sekaligus. Melihat video Citadis di Barcelona di bawah ini saja sudah membuat saya ingin menaikinya suatu hari. Omong-omong, kapan ya trem seperti ini bisa didapati beroperasi di tanah air, terutama di Kota Gudeg.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s