Kesepian Bersama-sama

Itulah judul buku yang ditulis oleh Sherry Turkle. "Alone Together". Ulasan buku tersebut bisa dibaca di artikel ‘Friends Without A Personal Touch‘. Pengarang buku tersebut ingin mengutarakan observasinya mengenai pengaruh perangkat genggam, internet, pertemanan di jejaring sosial yang memperngaruhi banyak manusia dalam berinteraksi terhadap sesamanya.

Tak dipungkiri memang bahwa makin banyak orang yang merasa ‘kesepian’ meskipun memiliki banyak ‘teman’ yang selalu rajin mereka sapa dalam komunikasi virtual. Tentu selain teman-teman yang mereka temui dengan tatap muka. Bahkan tak sedikit yang merasa keberatan bila tak terkoneksi dengan alat komunikasi dalam rentang waktu yang pendek ataupun lama. Maklum, tanpa ponsel yang bisa mengakses BBM, Facebook, Twitter, muncul rasa hampa. Ada kesendirian di sana. Percakapan terputus.

Ada ketergantungan yang besar ketika percakapan hanya bisa dilakukan dengan lancar melalui layanan komunikasi dalam jejaring. Nyaman karena setiap individu yang menggunakannya bisa ‘mengatur’ percakapan tersebut. Dengan siapa, kapan saja atau dengan cara yang bagaimana. Zona nyaman terbentuk. Sedangkan kemampuan berkomunikasi secara nyata dan alami menjadi berkurang. Pertemanan bukan virtual pun boleh jadi berkurang.

Turkle juga mengungkapkan adanya rasa tak nyaman ketika percakapan alami secara tatap muka terganggu atau tergantikan oleh hadirnya kontak terus-menerus komunikasi virtual tersebut.

Dan benar adanya, makin lama makin banyak individu-individu yang bersama-sama dengan banyak orang namun merasa kesepian. Sepi di tengah keramaian.

Iklan

One Reply to “Kesepian Bersama-sama”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s