Pembangkit Tenaga Listrik Nuklir

Bencana yang menimpa Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima I sungguh tak terduga. Sampai tulisan ini diunggah, kerusakan yang dialami PLTN yang terserang gempa dan tsunami tersebut belum juga bisa diselesaikan. Padahal instalasi tersebut sudah dirancang dengan amat teliti dan dirawat dengan seksama oleh insinyur Jepang yang terkenal handal. Sayangnya, bencana yang terjadi melebihi daya tahan PLTN tersebut.

Berbagai negara maju yang sudah atau sedang membangun PLTN pun terhenyak. Kembali disadarkan akan bahaya nuklir yang sangat mengerikan. Switzerland tak meneruskan proyek PLTN. Jerman sudah tak ingin meremajakan instalasi yang sudah uzur. Amerika Serikat pun merasa perlu mengkaji-ulang seluruh PLTN-nya.

Anehnya, beberapa pejabat di tanah air masih berkehendak meneruskan proyek pembangunan pembangkit listrik yang ditenagai Uranium ini. Masih ingatkah dengan rencana pembangunannya di daerah Jepara, Jawa Tengah? Tepat di tengah-tengah Pulau Jawa yang padat penduduk. Bila bencana terjadi dan tak bisa diatasi, Jawa Barat dan Jawa Timur boleh jadi terkena imbasnya. Terlebih wilayah Jawa Tengah.

Dulu memang banyak negara berlomba-lomba untuk memiliki PLTN. Sebut saja Filipina yang memiliki Bataan Nuclear Power Plant. Hanya saja PLTN tersebut tak pernah dipakai atas desakan rakyatnya.

Melihat bencana yang sudah pernah terjadi di Chernobyl, selayaknya bila PLTN harus ditolak pembangunannya di tanah air. Toh, berbagai bencana yang terjadi di tanah air juga masih belum terselesaikan. Lumpur Sidoarjo. Letusan Gunung Merapi. Juga sisa kerusakan yang terjadi di Tanah Rencong Aceh. Para pejabat tersebut seharusnya mengerti. Tentu tanpa perlu repot-repot studi banding yang diambil dari brankas negara.

Iklan

One Reply to “Pembangkit Tenaga Listrik Nuklir”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s