Titel Pekerjaan

Saat Anda mendapat promosi, besar kemungkinan titel dan golongan kerja berubah. Syukur-syukur besaran gaji ikut bertambah secara signifikan. Tentu tanggungjawab dan pekerjaan menjadi lebih berat. Sudah sepantasnya, kan? Mengenai titel, orang umumnya cukup sensitif.

Coba bayangkan bila titel Anda terdengar keren. Pasti Anda bangga, kan? Biasanya embel-embel tambahan kata "manajer", "direktur", "supervisor" ataupun "kepala bagian" membuat seseorang lebih nyaman menjawab pertanyaan "Anda bekerja sebagai apa?" Bila dirasa kurang, tentu masih bisa ditambahi lagi menjadi "eksekutif manajer" atau "general manajer". Cukup?

Kebanyakan orang tak puas dengan titel yang lebih kurang sama. Titel yang seharusnya cukup satu atau dua kata dirasa kurang. Orang berpikir bahwa paling sedikt harus tiga kata. Baru afdol. Sayangnya, makin lama titel pekerjaan menjadi seperti pepesan kosong. Bagus didengar namun tak selalu buktikan kemampuan bekerja orang yang menyandangnya.

Perusahaan dan organisasi membutuhkan titel untuk memperjelaskan fungsi dan otoritas masing-masing pekerjanya. Dengan begitu komunikasi lancar dan tujuan bersama tercapai. Titel juga diberikan untuk memberikan apresiasi terhadap kontribusi individu. Bukan untuk sekedar pamer yang terkesan semu dan basi. Coba baca artikel mengenai titel yang ditulis oleh Ben Horowitz.

Terlintas di benak pembicaraan dua orang menyoal titel. Si Amir bertanya, "Saya ini Eksekutif Manajer, Anda memangnya siapa? Tampang pembantu, lu! Minggir sana!" Si Bondan pun menjawab, "Anda tak boleh sewenang-wenang karena punya pangkat. Memang saya hanya pembantu. Tapi saya ini Pembantu Presiden. Bagaimana?"

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s