Pramuka, Sebatas Ekstrakurikuler yang Wajib Diikuti?

Mengikuti kegiatan Pramuka banyak manfaatnya. Itu yang dikatakan oleh para guru di sekolah dasar dan sekolah menengah pertama. Saya masih ingat petuah itu meskipun saya mengikutinya karena terpaksa. Tidak ada pilihan untuk tidak melakukan kegiatan ekstrakurikuler tersebut.

Jadi semua melakukannya. Berseragam coklat setiap hari Sabtu, membawa tongkat dan tali pramuka. Lalu berlatih membaca semaphore, bunyi morse dan teka-teki yang lebih kurang membuat otak berpikir logis. Selepas itu lari-lari, bergerak kesana-kemari. Kadang-kadang ada kemah.

Berguna? Saya baru menyadari bahwa latihan tersebut cukup berguna untuk bertahan hidup. Sayangnya saat saya mengikuti kegiatan tersebut saya merasa tersiksa. Ada perasaan terpaksa yang sangat. Maklum, nilai yang didapat di Pramuka berimbas ke mata pelajaran lainnya secara kumulatif.

Yang menjadi masalah adalah bagaimana mengemas kegiatan Pramuka menjadi hal yang dibutuhkan untuk bertumbuh-kembang. Bukan guru Pramuka yang galak (maklum karena mereka kecewa hanya bisa atau terpaksa menjadi guru kurikuler paling tidak populer setelah Matematika dan Olahraga) yang selalu membuat malas anak didik. Tidak ada pesan yang jelas mengapa murid harus mengikutinya. Tidak ada unsur yang menarik kecuali ‘piknik’ di daerah perbukitan.

Bukan berarti Pramuka tidak mengikuti perkembangan jaman. Contohnya, ada situs Pramuka yang cukup informatif, akun Facebook Pramuka dan lini masa Twitter Pramuka. Hanya saja terkesan tidak ada sosialisasi yang lebih baik dan menarik karena hanya sebatas kegiatan ekstrakurikuler yang mau tak mau, suka tak suka, wajib diikuti oleh semua murid.

Iklan

4 Replies to “Pramuka, Sebatas Ekstrakurikuler yang Wajib Diikuti?”

  1. Pretty section of content. I just stumbled upon your web site and
    in accession capital to assert that I acquire actually enjoyed account
    your blog posts. Anyway I will be subscribing to your augment and even I
    achievement you access consistently quickly.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s