Angin Mati, Layar Tak Terkembang

Dalam dunia bahari dikenal adanya istilah angin mati. Tak ada angin yang berhembus. Lalu bagaimana dengan kapal yang mengandalkan tenaga angin utuk mendorong layarnya? Tentu saja kapalnya tak bisa bergerak maju ke arah yang diinginkan. Berhenti di tempat? Tidak juga karena kapal tersebut boleh jadi terhanyut oleh gelombang yang menerpa.

Sama halnya karier di tempat kerja, ada angin mati. Tak ada cukup kesempatan untuk unjuk kemampuan karena tak ada proyek yang signifikan. Mungkin saja tak ada kesempatan promosi. Padahal ada cukup potensi dan ambisi. Boleh jadi keadaan akan lebih buruk bila departemen Anda mengerut karena kondisi ekonomi yang buruk. Frustasi? Ingin meloncat dari kapal?

Tentu tidak. Nakhoda kapal yang bijak akan berpikir untuk melakukan beberapa tindakan yang berguna. Memakai kesempatan waktu di saat angin mati untuk membaca peta navigasi, memeriksa kondisi kapal dan memperbaiki kerusakan yang ada. Ada baiknya juga memancing ikan sembari bersantai menikmati cakrawala.

Ada begitu banyak yang harus dilakukan supaya kapal sampai tujuannya dengan selamat. Angin mati hanya sebentuk penundaan sementara. Cepat atau lambat angin akan berhembus kembali dan membuat kapal kembali melaju. Karier yang mandeg bisa jadi memberikan peluang untuk mengasah kemampuan dan menikmati kehidupan.

Ada baiknya jika dalam karier bisa mengupgrade kapal yang dikendarai. Tak hanya kapal layar tapi juga yang ada mesin dan dayungnya. Sehingga gangguan semacam angin mati tak lagi menghambat potensi dan ambisi.

Selamat berlayar!

Iklan

3 Replies to “Angin Mati, Layar Tak Terkembang”

  1. You sent me this;

    Seperti kapal layar, ada waktunya tak ada angin jadi berhenti total. Kalo ada angin lagi, pasti layar kan terkembang lagi.

    Waktu itu koh lagi otw ke Hongkong :)

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s