Peran Vital Kereta Api

Wacana pembangunan rel kereta api di Kalimantan rupanya sedang mengemuka. Pertanyaannya ‘mengapa baru sekarang terpikir untuk membangun moda transportasi tersebut?’ Cukup terlambat meskipun salut karena ide ini bisa dimunculkan kembali setelah sekian lama tak terbahas.

Kemudian muncul pertanyaan berikutnya. Mengapa tidak ada rencana pembangunan rel kereta api yang memadai di Sumatera dan Sulawesi? Mungkin bisa dimaklumi bahwa PT KAI pun tak pernah betul-betul mampu mengelola infrastruktur kereta api di Pulau Jawa apalagi mengelolanya di luar pulau. Toh, pembangunan dan pemeliharaan jalur kereta api bisa ditenderkan dan dioperasikan oleh perusahaan kereta api swasta. Bila ada yang berminat atau bila regulasinya memungkinkan.

Belajar dari negara-negara maju. Mereka menjadikan kereta api sebagai pondasi perpindahan manusia dan barang berskala besar ke sekeliling luasan negaranya. Sebut saja negara-negara Eropa. Banyak pula negara Asia yang transportasinya berbasis kereta api tak peduli bahwa negara mereka besar atau kecil. Sebut saja Korea, Taiwan, Thailand dan Singapura. Meski negara-negara tersebut mampu memproduksi mobil, toh mereka sadar bahwa kereta api lebih efisien dari segi penghematan bahan bakar namun memindahkan lebih banyak manusia dan barang.

Indonesia kan negara kepulauan? Memang betul begitu adanya. Tapi itu bukan alasan untuk tidak membangun jalur kereta api. Contohlah Jepang yang memiliki empat pulau utama. Pada awalnya jalur keretanya terpisah namun begitu teknologinya memungkinkan maka mereka menggabungkan jalur kereta antar pulau. Bahkan masing-masing pulau memiliki perusahaan kereta api sendiri-sendiri dengan begitu otonominya lebih besar dan proses pembangunannya lebih cepat.

Indonesia juga bisa memiliki empat perusahaan kereta api. Masing-masing untuk Pulau Jawa, Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan dan Pulau Sulawesi. Tak harus melulu PT KAI semata. Rasanya bangsa kita tak harus mencontoh Amerika Serikat dan Australia yang lebih mengutamakan pembangunan jalanan dan mobil. Malahan China sudah memiliki ambisi yang besar untuk menghubungkan kota-kota utama mereka dengan kereta cepat yang mampu melintasi luasan daratan yang sangat luas.

Indonesia dengan sumber daya alam dan manusia yang berlimpah harusnya mampu membangun jalur kereta api yang merata di banyak wilayahnya. Hanya terbentur masalah mau atau tidak.

Iklan

One Reply to “Peran Vital Kereta Api”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s