Bosan

Pernah merasa bosan itu wajar. Justru bila kita sampai mengucapkan ekspresi seperti ‘Aduh, aku lagi bosan banget deh!’, itu sinyal yang positif bahwa kita sedang membutuhkan solusi supaya bisa keluar dari kondisi yang jenuh dan menjemukan. Sinyal yang harus ditanggapi dan bisa dipakai untuk mulai melakukan perubahan. Malah berbahaya bila kita tak pernah tahu bahwa sesuatu yang kita lakukan tersebut sangat membosankan.

Bosan terjadi di mana-mana. Bosan dengan kerjaan di kantor, dengan kehidupan di rumah, relasi dengan orang-orang yang berkaitan dengan diri kita, pikiran yang itu-itu saja atau pun suatu kondisi dalam liku hidup ini. Bosan sendiri bisa berupa kenyataan atau terbentuk dari cara kita memandang sesuatu.

Untuk mengatasi bosan, tentu seseorang harus menyadari apa
penyebabnya. Lalu mencari perubahan atau solusinya. Bila bosan di rumah, cukup luangkan lebih banyak waktu di luar rumah. Bila bosan dengan kondisi rumah, mungkin terjadi karena tatanan rumah yang begitu-begitu saja. Mengubah letak barang-barang bisa jadi membuat rumah menjadi menarik kembali. Bagaimana kalau bosan dengan suatu relasi, nah itu bisa diatasi dengan melakukan aktivitas yang lebih variatif yang boleh jadi membuat relasi makin lebih hidup.

Kebanyakan orang berpikir bahwa bosan bisa diatasi dengan cara radikal. Pindah tempat bekerja. Berelasi dengan orang yang baru. Pindah rumah. Jalan-jalan ke kota lain. Hanya saja bosan masih saja betah tinggal di pikiran. Boleh jadi faktor kebosanan timbul dari diri sendiri. Solusinya lebih tepat bila cara pandang yang diubah. Toh bekerja di kantor yang sama, tinggal di rumah yang itu-itu saja atau menjalin relasi dengan orang lain bertahun-tahun bisa jadi tak lagi membosankan bila sudah menemukan ‘cara melihat’ yang berbeda. Tak lagi membosankan.

Bila Anda merasa bosan saat ini, silakan tuangkan perasaan tersebut di kolom komentar. Sebutkan sesuatu yang membosankan bagi Anda saat ini. Tambahkan pula apa yang Anda pikir menjadi penyebab kebosanan tersebut.

Iklan

One Reply to “Bosan”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s