Revitalisasi Kantor Pos

Berapa banyak jumlah kantor pos di seluruh wilayah Indonesia? Banyak sekali. Tak hanya di kota besar, kantor pos pun dapat ditemukan di desa-desa. Hanya saja fungsinya relatif terbatas. Bertugas menerima dan mengirim surat, paket barang dan transfer uang. Lalu fungsinya bertambah kala bisa melayani nasabah salah satu bank. Tak lebih dan tak kurang.

Bila dihitung dari penghasilan yang diterima dari layanan di atas, rasanya tak bakal maksimal. Padahal dengan jumlah outlet yang tersebar di mana-mana, kantor pos bisa menjadi rangkaian distribusi barang dan layanan yang menguntungkan sekaligus tetap melayani masyarakat. Sebuah artikel bertajuk Beli tiket pesawat Garuda di kantor pos cukup menyejukkan. Pasalnya, jelas terobosan semacam ini akan memberikan keuntungan bagi kantor pos dan partner bisnisnya.

Coba lihat dari negeri tetangga Singapura. Kantor pos mereka relatif kecil namun memberikan multi layanan disamping jasa pos. Siapapun dapat membayar pajak, membeli telepon, meminjam uang dan membeli beragam tiket di sana. Tentu saja layanan seperti itu dapat memberikan profit tambahan bagi kantor pos. Makin besar profitnya boleh jadi keseluruhan layanan akan menjadi lebih baik.

Kantor pos bagi saya pribadi merupakan organisasi yang berkesan. Mampu mengantarkan pesan yang tertulis dalam surat dan menghantar barang. Terlebih karena saya memiliki hobi untuk mengirim kartu pos. Berharap kantor pos masih relevan meski bersaing dengan ketat dengan biro pengantar barang seperti FedEx atau DHL yang jauh lebih profesional dengan ongkos yang kompetitif.

Semoga ke depannya, sebagai pengguna kantor pos dapat merasakan multi layanan kantor pos di masa depan…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s