Asana

Akhir-akhir ini saya merasa bahwa hidup saya kurang terakhir. Entah itu pekerjaan, urusan rumah atau banyak hal yang lain. Sepertinya berantakan. Lalu saya berpikir sebenarnya apa yang bisa dilakukan agar saya bisa hidup teratur. Tak hanya hidup mengalir seperti air yang mengalir ke comberan. Namun harusnya teratur, terencana dan dapat dieksekusi dengan baik.

Saat menjelajahi dunia maya, saya mendapati Asana. Sebuah layanan web yang berguna untuk menuliskan daftar yang harus dilakukan, tempat untuk merencanakan sesuatu dan berbagi informasi. Intinya untuk mengetahui apa yang akan, sedang atau akan kita kerjakan. Ini adalah contoh penggunaan Asana untuk keperluan pribadi.

Masuk akal memang untuk membagi perencaan besar menjadi tugas-tugas kecil yang dapat dikerjakan satu per satu. Mengingatkan saya pada Golden Gate yang membentang cukup panjang menghubungkan San Francisco dengan Sausalito. Untuk membangun sesuatu yang besar, pengerjaannya harus dibagi menjadi ratusan tugas-tugas kecil yang masing-masing memiliki rentang penyelesaiannya sendiri-sendiri.

Asana ini tersedia secara gratis, baik untuk pribadi maupun kelompok yang memiliki anggota tak lebih dari 30 orang. Berguna untuk manajemen pribadi maupun manajemen proyek. Salut buat para pembuatnya.

Tinggalkan Balasan

