In Time, Saat Waktu Menjadi Mata Uang

Film ini menggambarkan suasana di masa depan ketika manusia bisa menghentikan proses penuaan. Hidup abadi. Untuk mencegah kelebihan populasi yang berimbas pada kurangnya sumber daya, diciptakanlah sistem untuk mengatur jumlah manusia. Sistem ini menggunakan ‘waktu’ sebagai mata uangnya.

Waktu menjadi alat tukar jasa dan barang. Semisal, untuk naik bis, seseorang harus membayar 2 jam waktu hidupnya. Yang miskin waktu, boleh jadi tak bisa hidup lama. Sedangkan yang kaya raya mampu hidup puluhan tahun hingga lebih dari seratus tahun.

Manusia pun bisa saling bertransaksi hanya dengan bersalaman satu sama lain untuk mentransfer waktunya. Didapati pula ‘penjaga waktu’ yang mirip dengan polisi dan ada Minute Man yang mencuri waktu orang lain hingga orang tersebut menemui ajalnya karena waktu hidupnya habis.

Film In Time ini cukup menghibur sebagai tontonan. Namun bila Anda mengikuti beberapa percakapannya, boleh jadi film ini bisa menjadi bahan refleksi. Apa yang akan kita lakukan bila kita mengetahui bahwa rentang waktu hidup kita sedemikian pendek, semisal kurang dari satu tahun? Boleh jadi seorang insan manusia akan mengeluh bahwa dirinya tidak memiliki cukup waktu seperti lagu If I Only Had Time. Mungkin juga manusia akan menggunakan waktunya sebaik-baiknya.

Sebaliknya apa yang akan kita rasakan dan lakukan bila kita memiliki kesempatan untuk hidup beratus tahun? Seperti Vampire atau Highlander yang lama-lama bosan hidup karena terlalu lama hidup?

Yang jelas film ini memberikan ‘tamparan’ bagi saya pribadi. Meski tak tahu berapa lama rentang hidup saya, yang sementara ini sudah melewat sepertiga abad, toh masih saja saya suka malas-malasan dan membuang waktu untuk hal yang tak berguna. Juga sering alpa untuk memberi waktu bagi orang-orang yang berarti bagi saya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s