Kumpulan Foto yang Menggunung

Laptop saya berulangkali memperlihatkan peringatan bahwa sebentar lagi saya akan kehabisan storage. Maklum, laptop saya tersebut menggunakan SSD alih-alih harddisk laiknya laptop merek lain. Dan jumlah ruang simpan di SSD meskipun cukup longgar akhirnya menyempit juga karena berbagai foto selama lima tahun terkumpul di sana.

Bila tak dipindahkan, tentu akan menyulitkan OS X Lion untuk bekerja dengan maksimal. Tak hanya sekali saja Si Singa menyuruh saya menutup beberapa aplikasi yang saya aktifkan bersamaan. Boleh jadi Si Singa akan mogok bekerja.

Namun memindahkan isi foto yang kapasitasnya lumayan besar, sekira 40 GB juga memerlukan usaha tersendiri. Permasalahan terletak pada perangkat lunak yang saya gunakan. Ada iPhoto sekaligus Picasa. Dua-duanya memiliki cara penyimpanan yang berlainan. Bahkan yang lebih merepotkan, terlihat jelas di Finder bahwa ada banyak file foto yang terduplikasi.

Jadi harus dipindahkan dengan baik-baik. Tentunya tak asal menghapus. Untung saya memiliki dua harddisk eksternal yang kapasitasnya memadai. Juga satu Macbook lawas model dulu yang masih bekerja dengan baik.

Sepertinya foto-foto ini sudah mendesak untuk diurus dengan lebih baik lagi. Terpikir juga untuk ‘menyegarkan’ Si Singa dengan mereset ulang. Semoga berhasil dengan lancar…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s