The Lady – Aung San Suu Kyi

Film The Lady di mana Michelle Yeoh menggambarkan perjuangan Aung San Suu Kyi ini menarik perhatian saya. Sayang, saya tak sempat menonton filmnya saat film ini diputar di bioskop.

Menarik karena saya memiliki kesamaan dengannya. Bukan, bukan penerima Nobel. Juga bukan pejuang kebebasan dan hak memilih. Kesamaan yang sederhana. Sama-sama merayakan hari ulang tahun di hari yang sama yaitu hari ini. Tanggal 19 Juni setiap tahunnya.

Terharu karena Aung San Suu Kyi sudah berhasil mendapatkan kebebasannya. Berbeda dengan saya yang meskipun bebas kemana-mana dan berbuat apapun, justru tak merasa bebas dari kungkungan benak keterbatasan pribadi. Rasanya masih harus berjuang supaya diri saya bisa berani mendobrak zona nyaman saya sendiri.

Untuk Aung San Suu Kyi, selamat merayakan ulang tahun. Semoga apa yang kau idamkan menjadi kenyataan. Negeri Burma yang membaik dan jauh lebih baik.

Tinggalkan Balasan

