Dari Bandara ke Tengah Kota

Umumnya bandara, terlebih yang berkelas internasional, terletak di pinggir kota dan bahkan ada yang terletak di kota satelit terdekat. Wajar karena proses terbang dan mendarat pesawat memang rawan. Sangat bahaya bila bandara terletak di tengah kota.

Lalu bagaimana para penumpang pesawat mencapai pusat kota yang ada di tengah? Taksi? Jelas mahal. Bis? Tentu saja bisa meski makan waktu. Dijemput? Boleh jadi merepotkan keluarga atau teman. Adakah solusi lainnya?

Kereta api ekspres dari bandara ke tengah kota. Salah satu solusi yang umum dipakai oleh bandara berkelas internasional. Saya pun menggunakan kereta api ekspres tersebut saat mendarat di Kansai, Narita, Hong Kong dan Bangkok. Nyaman, cepat, aman dan ongkosnya pun masuk akal.

Sayangnya saya hanya bisa berharap bahwa bandara Jakarta pun memiliki prasarana transportasi seperti itu. Yang saya tahu hanya bisa memakai taksi yang mahal. Juga bis Damri yang rasanya tak aman bila sudah sore atau malam hari.

Bahkan bandara dengan kelas yang lebih kecil yaitu bandara Adisucipto di kota Yogya sudah mampu menawarkan fasilitas transportasi kereta api yang mampu mengantar penumpang dari bandara ke tengah kota Yogyakarta. Bahkan penumpang pun bisa memakainya untuk mencapai kota-kota sekitar Yogya dari Madiun hingga Solo.

Jadi sudah semestinya pembangunan sistem kereta api dari bandara ke tengah kota menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah Jakarta. Kapan? Semoga secepatnya terealisasi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s