Perang Melawan Tembakau Hisap

Artikel menyoal perusahaan rokok Amerika yang menjadikan generasi muda Indonesia sebagai pangsa pasar mereka memang membuat banyak pihak panas. Komentar paling umum, “duh, bisa rusak dong generasi penerus bangsa.”

Terkesan bahwa sebaiknya perusahaan tembakau hisap dari Negeri Paman Sam itu dilarang untuk beroperasi saja yang bertujuan untuk hindarkan anak-anak muda dari kegiatan yang mudarat dan tak sehat tersebut.

Padahal sejatinya tak usah memberi blokade dan sejenisnya. Toh, bila memang sudah ingin merokok ya tetap saja merokok. Entah itu rokok dari perusahaan dalam negeri atau luar negeri. Harusnya kembali pada pendidikan sosial yang mengajarkan untuk memilih tidak merokok.

Nyatanya, penduduk di negara berpenduduk lebih dari 300 juta orang ini terkenal dengan aktivitas membakar tembakau. Muda, tua, kaya, miskin, lelaki, perempuan. Banyak yang merokok tak henti-hentinya.

Perang melawan tembakau hisap ini memang harus dimulai dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat. Tak peduli siapa produsennya, pasti tak akan bertahan lama bila tak ada yang merokok. Bukan, begitu?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s