Sasaeng

Baru saja blogwalking ke blog tetangga yang mengupas tentang K-wave. Bila sebelumnya saya cukup heran dengan istilah paparazzi yang merupakan penguntit privasi artis atau tokoh terkenal dan menginvasi kehidupan pribadi mereka. Maka istilah Sasaeng membuat saya terperangah.

Rasanya tak masuk akal bagi saya bila seseorang atau lebih terobsesi untuk menginvasi kehidupan pribadi artis yang mereka puja hingga mengorbankan waktu, uang dan harga diri. Fenomenalnya industri idol di Negeri Ginseng memang membuat banyak penggemarnya menjadi-jadi. Seakan-akan bisa ‘dekat’ dengan idolanya bakal membuat mereka bahagia.

Faktanya jelas tidak. Para Sasaeng tersebut jelas berhalusinasi. Tak lagi melakukan tindakan yang masuk akal. Begitu juga artis yang kemana-mana selalu dikuntit pasti akan merasa risih, terganggu dan boleh jadi takut dengan perhatian yang tak biasa tersebut. Banyak kan cerita mengenai artis yang mundur dari dunia hiburan karena tak tahan dengan ekses negatif dari perhatian yang berlebihan, baik dari fans beratnya hingga media massa.

Coba bayangkan, bila Anda menjadi fans suatu artis, apa perasaan Anda bila bertemu artis tersebut secara langsung? Paling ya senang karena sebatas kagum dengan karya mereka. Minta tanda tangan bila memang diberi kesempatan.Lalu ya sudah. Namun, bila Anda merasa ‘bahagia tak ada batasnya’ lalu memimpikan hal yang berlebihan, seperti bisa menikahi artis tersebut, dan tak hentinya menguntitnya; boleh jadi Anda bisa dikategorikan sebagai seorang Sasaeng.

Untuk saya sendiri, malah heran karena tak pernah sekalipun terpikir untuk bertemu atau bahkan memikirkan idola semacam itu. Kagum dengan karya seorang artis atau tokoh itu wajar. Namun, mengidolakan seseorang, rasanya aneh. Sasaeng, menurut saya, adalah fenomena yang tak lagi wajar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s