Terlalu Banyak Barang

Sebenarnya berapa banyak sih barang yang kita perlukan dalam hidup ini? Jawabannya tentu akan bervariasi tergantung kehidupan masing-masing individu. Tentu kita tak perlu lagi menanyakan pertanyaan tersebut kepada para kolektor yang memang makin banyak kumpulan barangnya, makin bahagia hidupnya.

Barang saya tak terlalu banyak. Tak sebanyak orang lain tepatnya. Itupun saya masih merasa jumlah barang yang saya miliki sebenarnya bisa dikurangi. Mengapa? Alasannya dengan berkurangnya barang maka hidup menjadi lebih ringkas. Makin banyak barang, makin banyak upaya yang dikeluarkan untuk menjaga, membersihkan dan menyimpannya.

Tentu bukan berarti minim barang lalu bahagia dan bisa hidup dengan layak. Paling tidak, enerji bisa dialokasikan untuk perihal yang memiliki prioritas lebih tinggi. Lagipula, coba lihat sekeliling Anda, tak semua barang ada manfaatnya. Pasti ada saja barang yang ‘sayang dibuang tapi kok memenuhi rumah’.

Tadinya saya berusaha mengurangi barang dengan melihat barang-barang tersebut satu-satu. Mana yang bisa disimpan dan dipakai; mana pula yang bisa didonasikan, dijual atau dibuang. Usaha ini kurang mujarab. Saya pun tiba-tiba malam ini mendapat ide yang boleh jadi lebih efektif. Seperti apa?

Kumpulkan barang yang paling penting. Kira-kira, saya mulai besok akan mendaftar barang apa saja yang paling penting dalam kehidupan saya. Sedangkan sisanya yang tak termasuk dalam kumpulan tersebut bisa ‘dihilangkan’. Yang berarti bisa diberikan, didonasikan atau dibuang. Mari kita lihat apakah solusi ini bisa membantu saya mengurangi jumlahan barang yang ‘memberatkan’ langkah saya.

Tinggalkan Balasan

