Gameaholic

Pernah dengar tentang anak muda yang tewas karena kelelahan bermain online game? Ada juga seorang ibu yang menelantarkan bayinya hingga meninggal karena asyik bermain game? Banyak juga yang tak seheboh dan sefatal mereka tetapi merasakan akibat negatif dari kecanduan game. Siswa yang nilai prestasinya turun drastis. Orang yang menarik diri dari masyarakat karena lebih senang main di dalam rumah. Masih banyak contoh lainnya yang bisa disebutkan.

Mengapa bisa kecanduan game? Soalnya game itu menarik. Bila kalah, pasti penasaran bermain hingga berhasil menang. Begitupun saat menang, inginnya naik level, menantang lebih banyak orang atau bahkan mencoba permainan yang lain. Ada juga yang tak peduli menang kalah yang penting asyik bermain karena ada banyak permainan yang atraktif. Ditambah lagi dengan adanya teman sepermainan yang membuat nyaman.

Game bisa apa saja. Entah itu game konsol yang dimainkan dengan televisi, perangkat game portable, aplikasi permainan di ponsel pintar atau juga permainan online. Lebih mudah didapat, tak susah dimainkan dan bisa dilakukan hampir kapan saja. Tak perlu teman seperti bermain mahjong, kartu dan dadu yang kalau dipikir-pikir juga bisa bikin ketagihan.

Bermain game sebenarnya sah-sah saja. Bahkan melatih pikiran, kecerdasan dan menyegarkan suasana. Hanya saja bila bermain menjadi terlalu berlebihan tentu bukan manfaat yang didapat. Justru membikin pecandunya menjadi zombie yang berpikir bahwa yang paling penting dalam hidup ini adalah bermain game. Menyedihkan, bukan? Nyatanya banyak yang menjadi gameaholic di sekitar kita. Coba tengok kanan kiri Anda. Boleh jadi ada dari Anda yag menjadi salah seorang pencandu game. Semoga bukan. Bila ya, tentunya harus dicari solusi agar tak lagi mencandu game.

Bagi saya pribadi, saya memang tak merasa perlu membeli konsol game yang mahal dan cukup rumit bagi saya. Saya akui bahwa saya gaptek perihal dunia game. Hanya saja, memiliki iPad dan iPhone memberikan celah bagi game untuk ‘menggoda’ saya untuk memainkannya. Jadi ingat saya bahwa pernah suatu kali habiskan banyak waktu untuk bermain satu game balap. Ya seperti yang saya ungkapkan sebelumnya, gamenya sederhana. Namun kalau kalah, bikin penasaran. Bila menang membuat ingin naik level. Akhir cerita, bukan saya yang menang tetapi game tersebut yang berhasil ‘menaklukkan’ saya untuk terus-terusan memainkannya.

Apakah ada dari And yang pernah ketagihan bermain game?

Tinggalkan Balasan

