Kekuatan Mental Berbanding Kekuatan Otot

Umumnya orang mendapat anggapan kuat bila mampu mengangkat beban berat, berlari cukup lama dan menunjukkan aktivitas fisik di atas rata-rata orang lain. Kekuatan otot, kata orang-orang. Tentu cukup bisa dilihat dengan mata secara langsung.

Berbeda dengan orang yang memunyai kekuatan mental. Identik dengan kekuatan pikiran. Bukan, bukan berarti kepintaran. Namun kemampuan untuk menggunakan otak dengan maksimal di atas rata-rata orang lain. Bisa berupa daya imajinasi, keberanian, mengambil keputusan dengan taktis strategis atau bahkan seberapa mampu berkomunikasi dengan orang lain dengan baik. Kekuatan seperti ini biasanya tak kasat mata meski bisa juga tercermin dari wajah dan gerak-gerik tubuh orangnya.

Bila di jaman dulu orang selalu mengagungkan kekuatan fisik yang berhubungan erat dengan otot; sekarang keadannya jauh berbeda. Kekuatan mental dianggap lebih superior. Buktinya? Coba lihat para pemimpin masyarakat, agama atau negara. Mereka mampu menggerakkan banyak orang untuk bertindak dengan kekuatan mentalnya. Jarang dari mereka yang kelihatan kuat berotot tapi setiap tindakan mereka bisa timbulkan efek yang luar biasa besarnya.

Hanya saja, kekuatan mental membutuhkan enerji yang sangat besar. Lebih besar dari kekuatan otot. Maklum, kekuatan mental berlandaskan logika, pengolahan emosi dan perspektif yang rumit. Oleh karena itu ada satu pertanyaan yang bisa dijawab dengan mudah. “Mengapa ya para direktur perusahaan dibayar berkali-lipat lebih banyak daripada pekerjanya?” Alasannya sederhana. Para direktur mengerahkan kemampuan mental setiap saat yang jelas menguras tenaga, pun mereka juga bertanggungjawab dengan semua yang terjadi di perusahaan. Beda jauh dengan karyawan biasa yang meskipun bisa stress tapi tak memiliki tingkatan stres seperti pemimpin perusahaan.

Jadi seperti itulah bedanya. Kekuatan mental dan kekuatan otot. Beda jauh, kan?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s